Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja


Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (source; 4.bp.blogspot.com)

Hampir setiap orang mengenal Jogja sebagai Kota Gudeg. Walaupun sebetulnya selain kuliner yang terkuasai rasa gurih dan manis itu, Jogja punya sejuta kuliner yang membuat kita tidak bisa menelan ludah. 

Satu diantaranya kuliner sebagai legenda di Kota Gudeg adalah soto. Sarapan Soto menjadi sesuatu rekomendasi sarapan yang wajib saat kamu ke Jogja.

Ruang Riang Creative - Soto adalah makanan yang kaya budaya dan kaya rasa. Seperti yang kita mengenali ada berbagai macam soto yang biasa disajikan sebagai menu sarapan soto seperti soto Madura, soto Lamongan, soto Kudus, soto Betawi dan banyak lainnya. 

Tidak hanya itu, ternyata budaya sarapan soto sebagai kuliner hasil akulturasi Indonesia, Cina bahkan India. Soto juga melekat di masayarakat sebagai salah satu makanan untuk sarapan.

Berikut Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Dalam buku "Nusa Jawa: Silang Budaya", soto disebutkan tiba dari Cina. Tapi permulaannya namanya caudo, seterusnya jadi tauto, saoto, sroto atau soto sesuai lidah orang Indonesia. 

Kunyit, satu diantaranya empon-empon yang digunakan untuk bumbunya diakui turuti masakan India. Dan budaya Indonesia berpartisipasi menambahkan bumbu-bumbu keunikan daerah sampai tercipta berbagai kuliner soto nusantara. 

Berikut adalah rekomendasi sarapan soto nikmat yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke Jogja. Simak ulasan rekomendasi sarapan soto nikmat di Jogja berikut ini.

1. Soto Kadipiro - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (source; dapurkintamani.com)

Jika kita ke barat perempatan Wirobrajan, kita bisa mencicip legenda kuliner soto Jogja yang dikenal dengan panggilan Soto Kadipiro. Soto yang berdiri sejak tahun 1921 ini ialah ikon soto di Jogja. 

Lokasinya yang ada di tengah-tengah kota memudahkan kita untuk meraihnya. Soto Kadipiro semakin khusus karena sebagai penutup kita bisa pesan minuman Limun Sarsaparilla, minuman bersoda keunikan Jogja yang jarang. 

2. Soto Pak Marto - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (source; jogjaempatroda.com)

Satu kembali kuliner soto di Jogja yang kenal dilapisan pemburu kuliner. Soto Pak Marto Taman Sari yang ada 200 mtr. samping barat traffic light Plengkung Taman Sari ini tak pernah sepi pengunjung. 

Daya tarik kuliner soto yang dibuat oleh Pak Martodimedjo tahun 1960 ini adalah babat sapi yang dibumbu manis sama bumbu bacem. 

3. Soto Sampah - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (source; assets.kompasiana.com)

Sebentar orang akan terasa kebingungan dengar nama yang tidak lumrah dipakai untuk makanan. Tapi soto di dekat Tugu Jogja ini jadi alternatif kuliner yang patut dicoba. 

Melacak punya melacak kenapa dinamakan Soto Sampah karena kuliner soto ini tidak menggunakan daging sapi atau ayam seperti biasanya, tapi menggunakan lemak atau gajih sapi dan bisa ditambah berbagai lauk seperti dadar, ayam goreng, perkedel, lalu dikombinasi jadi satu sampai performanya jadi amburadul.

4. Soto Djiancuk - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (Source; jelajah-api.bantulkab.go.id)

Beberapa lukisan, ukir-pahatan-ukiran kayu dan potongan rongsokan mobil kelihatan bertebaran di beberapa sudut segi luar dan dalam ruangan. Siapa yang menyangka bangunan yang seharusnya lebih sama bengkel seniman ini adalah warung soto. 

Nama warung soto keunikan Blitar di Sonopakis ini betul-betul unik. Orang mengenalnya dengan panggilan Soto Djiancuk. Sang pemilik yang dari Jawa Timur sengaja menggunakan kata cacian itu untuk memperlihatkan beberapa ciri antiknya sebagai soto Jawa Timur. 

Kata orang, cita-rasa Soto Djiancuk bisa membuat orang memaki-maki karena begitu nikmat dan cepat habis. Tonton alamat dan peta lokasinya di Soto Djiancuk.

5. Soto Tahu Kemasan - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (Source;insanwisata.com)

Salah satu sarapan soto nikmat di Jogja yang legenda selanjutnya adalah Soto “Tahu” Kemasan, soto ini lokasinya di Jalan Ring Road selatan, Singosaren, Yogyakarta.  

Soto tahu kemasan terkenal lezat dan sangat unik, karena penyajian soto tahu disini ditambahi taburan daun kemangi.  

Jika kalian umumnya menikmati daun kemangi sebagai lalapan saat makan pecel lele, kini saatnya mencoba menikmati soto dengan perpaduan daun kemangi.

Selain itu adanya campuran isian tahu bacem sebagai pengganti daging juga menambah cita rasa soto yang sudah ada sejak 1963 ini menjadi kian unik dan otentik.  

Alamat soto tahu kemasan yaitu Jalan Kidul Ringroad Selatan, Singosaren III, Singosaren, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam Buka warung soto tahu kemasan 06.00 WIB-14.00 WIB

6. Soto Moneter - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (source; jogjaasik.com)

Krisis moneter yang menimpa Indonesia jadi filosofi berdirinya warung soto di utara perempatan ringroad Kotagede, Jogja. Masyarakat mengenal warung sederhana ini dengan panggilan Warung Soto Moneter. 

Menu favorit yang bisa kita cicip adalah semangkuk soto sapi berkuah bening. Soto Moneter siapkan kekhasan cicipi soto dengan daun kemangi dan lauk lenthok, seperti perkedel tapi berbahan dasar singkong.

7. Soto Betawi Bang H. Pitung - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (source; gudeg.net)

Soto sejenis soto Betawi memang tidak sepopuler soto Madura, soto Lamongan atau soto Kudus. Tapi Soto Betawi Bang H. Pitung patut jadi referensi kuliner soto di Jogja. 

Soto Betawi yang serupa dengan kuah santan, kental dan warna kuning ini bisa disebutkan lain dibandingkan yang lain karena penyajiannya menggunakan tungku alumunium kecil dengan lilin yang akan menghangatkan soto yang kita pesan. 

Baca Juga:

Soto dan Bakso Kembar Rasa Jogja
Mie Ayam Sukowati Pak Mino & Bu Rini - Mie Ayam Pake Toping Telur dan Ceker!
Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum
Bakso Doa Ibu - Bakso Paling Ramai di Semarang
Soto Seger Makusi Pandanaran Semarang

Soto dan Bakso Kembar Rasa Jogja

8. Soto Pak Sholeh Al-Barokah - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (Source; media-cdn.tripadvisor.com)

Soto Pak Sholeh Al-Barokah bisa disebutkan kuliner soto yang memiliki cita-rasa Jogja sekali karena memiliki gabungan rasa gurih dan manis sama dengan masakan keunikan Jogja biasanya. 

Proses memproses yang tidak memakai gas tapi arang membuat rasa soto semakin khusus. Soto yang pada tahun 1952 cuman soto pikul yang dijajakan keliling wilayah, saat ini menjelma jadi soto khusus yang terkenal di Kota Jogja. 

9. Soto Bathok Mbah Katro - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (Source; 4.bp.blogspot.com)

Di dekat situs Candi Sambisari, ada komplek saung bambu yang kelihatan menonjol di antara tempat persawahan. 

Pada tempat itu kita bisa cicipi kelezatan Soto Bathok Mbah Katro. Saoto sebagai panggilan soto yang lumrah di daerah Solo sama dengan coto yang biasa digunakan di Makasar. 

Jauh dari kerusuhan kota, didukung keadaan pedesaan yang asri, tidak ragu menjadikan kuliner Saoto Bathok Mbah Katro sebagai menu sarapan pilihan di daerah Kalasan. 

Sesuai sama namanya, Soto Bathok Mbah Katro memang disajikan dalam mangkuk yang dibikin dari tempurung kelapa. Baca selengkapnya di Soto Bathok Mbah Katro.

10. Soto Pak Dalbe - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (Source; tuguwisata.com)

Thohari Soto Pak Dalbe, Yogyakarta. Walaupun kuahnya bening, tetapi rasa gurih yang pas, tersaji dari hidangan itu, selain itu rasanya fresh.

Soto ayam di warung ini memiliki kuah yang gurih dan kaya rempah. Type ayam yang digunakan yaitu ayam ayam wilayah. Satu mangkuk soto dapat kamu cicip di harga mulai Rp12.000. Di sini kamu tentukan soto dengan nasi campur atau pisah.

Lokasi Soto Pak Dalbe ada di Jalan Jend. Sudirman, Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam operasinya setiap Senin-Jumat jam 05.30-12.00 WIB.

11. Soto Ayam Lumayan Kang Sarman - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (Source; 1.bp.blogspot.com)

Jika kamu ingin mencicip soto lenthok, karenanya bisa datang ke Soto Ayam Lumayan Kang Sarman. Lokasinya ada di Jalan Paket Nomor 17, Prenggan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta.

Soto di warung ini memiliki kuah bening yang gurih dan lenthok yang lembut. Uniknya, di tempat ini ada lenthok goreng renyah yang bisa ditambahkan sebagai pengiring.

Selain itu, kamu bisa juga menambahkan potongan daun kemangi untuk menambah aroma dan cita-rasanya. Harga satu porsi soto Rp12.000 saja. Jam operasional Soto Ayam Lumayan Kang Sarman setiap hari jam 05.30-13.30 WIB.

12. Soto Ayam Idola Pak Nanang  - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (Source; cdn.mpotimes.id)

Soto Ayam Idola Pak Nanang menyajikan soto berkuah kekuningan yang gurih dan fresh. Soto ayam ini nikmat dimakan plus tambahan lauk pengiring seperti tempe goreng renyah dan berbagai sate.

Satu porsi sotonya diberi harga Rp10.000. Jika ingin tambahan goreng, kamu cukup bayar Rp2.000 untuk tiga potong. Lokasi Soto Ayam Idola Pak Nanang ada di Gg. Putra Bangsa I Nomor 53B, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Jam operasinya setiap hari jam 06. 00-15.00 WIB. Bila ke sini semestinya jangan terlalu siang supaya tidak kekurangan.

13. Soto Ayam Pak Gareng  - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (Source; tuguwisata.com)

Soto Ayam Pak Gareng menyajikan soto lenthok dengan cita-rasa kuah yang unik. Warung soto ini lebih banyak mempunyai lauk pengiring, paha ayam sampai sate hati.

Penyajian sotonya juga bisa tentukan, ingin nasi campur atau dipisah. Satu porsi soto campur diberi harga Rp11.000, sedang soto nasi pisah harga Rp12.000.

Untuk tambahan lauk, kamu cukup mengeluarkan uang antara Rp1.000 - Rp 15.000. Alamat Soto Ayam Pak Gareng ada di Jalan Hayam Wuruk, Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta. Jam buka warung sotonya setiap hari jam 06.00-12.00 WIB.

14. Soto Lamongan Cak Mangku  - Sarapan Soto Nikmat di Jogja

Rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja (Source; makanjogja.com)

Di Yogyakarta ada tempat makan soto lamongan yang terkenal nikmat, yaitu Soto Lamongan Cak Mangku. Lokasinya di sekitar Balaikota, Jalan Kusumanegara, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Selain soto, warung ini memiliki menu keunikan Jawa Timur lainnya, seperti rawon dan tahu campur. Rata-rata harga hidangannya Rp12.000. Jam buka Soto Lamongan Cak Mangku setiap hari jam 08.00-23.00 WIB.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi Sarapan Soto Nikmat di Jogja yang bisa anda coba saat ke Jogja. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat!

Ruang Riang Creative

Ruang Riang Creative, Media & Jasa Creative, Jasa Bikin Website, Jasa Bikin CD, Jasa Bikin Kaset, Jasa Sablon, Cosmics Creative.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama