Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum - Ayam Geprek Pertama di Jogja

Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum - Ayam Geprek Pertama di Jogja


Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum (Source; awsimages.detik.net.id)
Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum - Ayam Geprek Pertama di Jogja

Warung makan ayam geprek Bu Rum adalah pelopor warung ayam geprek pertama di Jogja. Warung makan ayam geprek Bu Rum sudah berdiri sejak tahun 2003 silam.

Ruang Riang Creative - Ayam geprek atau ayam penyet dikenal sebagai masakan ayam goreng khas Jawa Tengah. Penyajian ayam goreng ditumbuk dalam lesung lalu diberi sambal yang sangat pedas. 

Perpaduan rasa pedas ini yang membuat orang ketagihan ayam geprek, salah satu warung yang menyajikan menu ini yaitu warung ayam geprek Bu Rum.

Sebuah warung dikatakan sebagai pelopor warung makan ayam geprek yaitu warung ayam geprek Bu Rum I yang berdiri sejak tahun 2003 di Jalan Wulung, Papringan, Caturtunggal, Depok Sleman. 

Warung makan ayam geprek ini menggunakan nama pemiliknya yaitu Ibu Ruminah atau biasa dipanggil Bu Rum.

Penemuan menu ayam geprek ini memang tidak disengaja. Awalnya beberapa mahasiswa meminta untuk dibuatkan sambal, kemudian sambal itu ditumbuk dengan ayam goreng tepung di warung makan miliknya.

Cikal Bakal Warung Ayam Geprek Bu Rum


Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum - Ayam Geprek Pertama di Jogja
Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum - Ayam Geprek Pertama di Jogja

Awalnya warung makan ayam geprek Bu Rum hanya menjual nasi lotek, sup, sayuran, dan ayam goreng tepung saja. Mungkin saat itu banyak mahasiswa yang bosan dengan menu di warung makan ayam goreng Bu Rum, akhirnya mereka minta dibuatkan sambal pedas lalu minta ayamnya dibaluri sambal itu, sebelum akhirnya menjadi menu ayam geprek.

Bu Ruminah mengaku awalnya bukan dirinya yang memiliki ide untuk membuat menu ayam geprek ini. Seorang pelanggan mahasiswa asal Kudus, Jawa Tengah, yang pertama kali meminta ayam goreng Bu Rum diberi sambal pedas kemudian dilumatkan dalam cobek hingga tekstur ayam goreng itu hancur.

Sajian ayam goreng dengan cara di geprek memberikan pengalaman rasa yang berbeda, lama kelamaan banyak yang bertanya dan memesan menu serupa, namun belum ada istilah ayam geprek saat itu.

Karena rasa ayam geprek ini pedas dan nikmat, kemudian berita ini menyebar di kalangan mahasiswa dari mulut ke mulut, dan juga melalui SMS beberapa mahasiswa yang merekomendasikan warung makan ayam geprek Bu Rum tersebut.

Sebelum disebut ayam geprek, orang lebih mengenal dengan sebutan ayam goreng penyet atau ayam goreng tumbuk. Namun, akhirnya Bu Rum menemukan istilah yang unik yaitu ayam geprek.

Selain rasanya yang enak, harga menu di warung makan ayam geprek Bu Rum ini memang ramah kantong bagi para pelanggannya yang mayoritas adalah mahasiswa. Selain itu, ada banyak jenis sambal ayam geprek selain ayam geprek original yang tak kalah enak seperti ayam geprek sambal terasi, dan ayam geprek sambal ijo.

Untuk satu porsi ayam geprek di warung makan ayam geprek Bu Rum dibanderol seharga Rp 12 ribu dengan isian ayam geprek dan sayur. Namun kamu juga bisa memilih toping ayam geprek lain seperti terong goreng, tempe dan tahu goreng, serta telur goreng. 

Semua pilihan menu tadi juga bisa di geprek atau diberi sambal di warung makan ayam geprek Bu Rum ini.

Yang membedakan ayam geprek milik Bu Rum dengan warung makan ayam geprek lain adalah rasanya. Ya rasa otentik khas dari warung makan ayam geprek Bu Rum ini yang membuat para pelanggan setia dengan ayam geprek miliknya.

Kini, seiring berjalannya waktu, warung makan ayam geprek Bu Rum sudah memiliki beberapa cabang. Secara keseluruhan ada lima warung makan ayam geprek Bu Rum yang lokasinya juga tidak begitu jauh dari warung geprek Bu Rum I.

Tak heran jika warung ayam geprek Bu Rum ini menjadi ayam geprek pertama dan masih eksis menjual ayam geprek sejak tahun 2003, hampir dua dekade. Meski sudah banyak warung yang menjual ayam geprek di sekitar lokasi, warung Ayam Geprek Bu Rum di Jalan Wulung, Papringan ini masih ramai pembeli.

Nah itu tadi ulasan singkat tentang warung ayam geprek Bu Rum, ayam geprek pertama di Jogja. Simak juga ulasan lain tentang resep ayam goreng Korea, cumi saus tiram, kepiting saus tiram, dan masakan seafood saus padang di halaman utama. Selamat membaca!.

Baca Juga:


Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum 1 - Ayam Geprek Pertama di Jogja

Alamat ; Jl. Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281




 

Ruang Riang Creative

Ruang Riang Creative, Media & Jasa Creative, Jasa Bikin Website, Jasa Bikin CD, Jasa Bikin Kaset, Jasa Sablon, Cosmics Creative.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama