Cara Membuat Daging Asap Rumahan Praktis

Cara Membuat Daging Asap Rumahan Praktis

Cara Membuat Daging Asap Rumahan Praktis
 Cara Membuat Daging Asap Rumahan Praktis

Cara membuat daging asap rumahan praktis. Daging asap atau smoked beef adalah hidangan yang umumnya disajikan dengan kombinasi berbagai jenis makanan. Beberapa hidangan kombinasi daging asap atau smoked beef dengan makanan modern dapat dijumpai pada makanan seperti pizza, pasta, dan chicken cordon bleu yang biasanya disajikan di restoran.

Ruang Riang Creative - Daging asap atau sandung lamur yang diolah menggunakan teknik pengasapan biasanya tersedia dalam kondisi yang berbeda-beda di pasaran. Ada daging brisket yang kondisinya masih segar karena baru disembelih, namun ada juga yang tersedia dalam kondisi beku setelah disimpan di freezer.

Daging asap beku sebaiknya didiamkan di bawah air mengalir untuk mencairkan butiran es yang menempel. Kemudian setelah daging asap mencapai suhu ruang, barulah siap untuk diolah.

 Cara Membuat Daging Asap Rumahan Praktis

Ternyata daging asap atau smoked beef juga bisa dibuat di rumah dengan menggunakan sederhana. Daging brisket kering dengan aroma sedap khas asap dapat dibuat sendiri dengan teknik pengasapan sederhana bisa menggunakan oven atau pemanggang. 

Teknik pengolahan ini tidak hanya untuk daging sapi, namun teknik pengasapan ini dapat dilakukan untuk berbagai jenis daging seperti daging ayam, kambing dan ikan.

Tips yang perlu diingat dalam proses pengasapan daging adalah dengan memastikan daging yang akan digunakan adalah daging brisket segar. Daging brisket segar yang dimaksud adalah daging yang dipotong pada hari yang sama pada saat Anda membelinya.

Kondisi daging brisket yang segar akan menghasilkan rasa yang jauh lebih gurih serta tekstur yang tidak mudah hancur saat dimasak.

Daging asap adalah salah satu metode mengolah daging brisket agar lebih awet. Tekstur daging asap ini sendiri berserat dan sedikit berminyak.

Daging asap yang benar-benar matang bisa langsung disantap. Tapi ada pula yang lebih memilih untuk mengolah kembali menjadi menu baru. Salah satu menu daging asap yang lezat adalah daging sei sapi asap. 

Simak cara membuat daging asap rumahan praktis yang bisa Anda coba dirumah berikut ini. Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat daging asap rumahan praktis.

1. Pilih daging brisket yang masih segar

Cara pertama adalah memilih daging sapi atau daging brisket yang masih segar. Tekstur daging asap segar juga tidak mudah hancur, kamu pun jadi lebih mudah untuk memotongnya.

2. Potong daging brisket tipis-tipis

Kedua, potong daging asap tipis-tipis dan memanjang agar daging sapi lebih cepat matang. Anda perlu menggunakan pisau yang tajam untuk mendapatkan potongan daging brisket yang tipis.

3. Marinasi daging asap dengan bumbu

Setelah daging dipotong tipis, marinasi daging. Marinasi pakai kecap asin, kecap inggris, bawang putih yang sudah digeprek dan diiris halus, lada bubuk, kaldu jamur, dan garam. Marinasi minimal 30 menit ya.

4. Pengasapan daging menggunakan oven atau pemanggang

Anda bisa mengasapi daging brisket dengan menggunkan pemanggang atau oven. Setelah selesai dimarinasi, panggang daging brisket dengan oven. 

Namun sebelumnya, jangan lupa untuk mengolesi loyang terlebih dahulu menggunakan sedikit margarin, lalu masukkan pada oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang daging asap kurang lebih 15 - 20 menit hingga daging mengering.

5. Kontrol kondisi daging saat dipanggang

Selama daging brisket dioven, jangan lupa untuk selalu mengontrol tingkat kematangannya agar daging brisket tidak gosong. Jika dirasa sudah cukup matang, Anda bisa mengeluarkan daging dari oven dan disajikan dengan bumbu sesuai selera.

Tips mengolah daging asap praktis rumahan

Cara Membuat Daging Asap Rumahan Praktis
 Cara Membuat Daging Asap Rumahan Praktis

Daging yang akan dimarinasi harus dalam keadan kering agar bumbu tidak terbuang bersama air yang masih menempel pada permukaan daging. Setelah daging kering, siapkan bumbu marinasi. Langkah pertama yaitu mengolesi bahan pelekat bumbu pada daging. Kamu bisa menggunakan olesan saus mustard atau madu pada semua sisi daging brisket. 

Selain memudahkan bumbu untuk meresap, madu atau mustard dapat menambah cita rasa daging. Setelah itu, campurkan lada hitam dan garam kasar di dalam mangkuk berukuran besar, lalu lumuri ke semua sisi daging brisket. Pada tahap ini kamu perlu memastikan bahwa daging brisket tertutup sempurna oleh bumbu.

Daging yang dimarinasi sebaiknya didiamkan beberapa saat sebelum dimasukkan ke dalam alat barbeku. Lakukan hal ini sembari menunggu temperatur alat mencapai suhu 100 hingga 150 derajat celsius.

Setelah alat mencapai suhu yang diinginkan, kamu bisa memasukkan daging yang sudah dimarinasi. Kamu bisa membungkus daging dengan aluminium foil terlebih dahulu maupun tidak. Aluminium foil dapat berfungsi untuk menampung kaldu daging saat pengasapan agar tidak terbuang. Daging yang dibalut dengan alumnium foil teksturnya menjadi lembut dan lembab karena masih ada cairan yang menyelimuti daging.

Kamu tidak perlu membolak-balik daging brisket saat pengasapan karena hawa panas dari asap akan menyelimuti semua sisi daging.  Hal terpenting dalam pengasapan yaitu menjaga suhu alat tetap stabil supaya daging bisa matang sempurna dan tidak hangus.

Setelah diasapkan selama lebih kurang 12 jam, sebaiknya istirahatkan daging di dalam alat terlebih dahulu sebelum diangkat. Ketika daging diasap, dia akan mengencang satu sama lain, sehingga teksturnya akan keras. Resting atau istirahatkan daging supaya lunak dan empuk kembali agar daging matang merata.

Baca Juga:

BellyWise Resto Daging Asap Mantap
Menu Bellywise Jogja, Isinya Daging Semua!
Pilihan Menu Noona Korean BBQ Jogja


Ruang Riang Creative

Ruang Riang Creative, Media & Jasa Creative, Jasa Bikin Website, Jasa Bikin CD, Jasa Bikin Kaset, Jasa Sablon, Cosmics Creative.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama