Ikigai Sebuah Konsep Hidup Bahagia Asal Jepang

Ikigai Sebuah Konsep Hidup Bahagia Asal Jepang

Ikigai Sebuah Konsep Hidup Bahagia Asal Jepang
Ikigai Sebuah Konsep Hidup Bahagia Asal Jepang


Ikigai Sebuah Konsep Hidup Bahagia Asal Jepang. Pernahkah Anda merasa jenuh atau kehilangan motivasi dalam menjalani hidup, atau bahkan pada titik ekstrem dan merasa tidak memiliki lagi alasan bangun di pagi hari dan mengerjakan semua rutinitas?.

Ruang Riang Creative - Fase ini dikenal juga dengan krisis eksistensi diri atau quarter live ciris, masa dimana Anda seperti kehilangan arah tujuan hidup, terombang-ambing, dan terisolasi di antara kehidupan yang terus bergerak maju.

Pada saat-saat seperti ini, jangankan menentukan arah masa depan, menemukan alasan pasti untuk melakukan hal-hal yang biasanya saja rasanya mustahil. Konsep Ikigai bisa jadi jawaban dari segala bentuk keputusasaan dalam hidup.

Saat seseorang menemukan Ikigai, maka ia akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari, sekolah, bekerja, pun berwirausaha dan menjadikan itu sebagai sesuatu yang bermakna dalam hidup. 

Hal ini terjadi dikarenakan adanya pemahaman tentang mengapa mereka melakukan hal tersebut, apa tujuannya, dan kenapa hal tersebut dapat memberi makna penuh dalam kehidupannya. Dengan demikian, seseorang akan merasa memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi walaupun ia sedang menghadapi tekanan yang tinggi dalam kehidupan.

Apa itu konsep hidup Ikigai?

Ikigai adalah sebuah konsep hidup yang terdiri dari passion, misi, profesi dan pekerjaan seseorang. Ikigai, adalah sebuah konsep rahasia orang Jepang untuk hidup berbahagia setiap hari. Terminologi ikigai ini sendiri berasal dari filosofi Jepang dengan kata "iki" yang berarti kehidupan dan "gai" yang didefinisikan sebagai sebuah nilai atau makna. Prinsip konsep hidup ikigai ini telah lama diterapkan oleh masyarakat Jepang sejak periode Heian (794 – 1185). 

Ikigai juga digambarkan sebagai konsep pencarian makna dalam kehidupan melalui tujuan hidup yang jelas. Terminologi ikigai seringkali digunakan untuk menggambarkan ide tentang sebuah kebahagiaan dalam hidup dalam tekanan masalah, pelajaran dan pekerjaan. Ikigai sebagai konsep hidup bahaia orang Jepang yang menggambarkan life purpose atau makna hidup seringkali diekspresikan sebagai alasan kenapa seseorang harus bangun setiap hari.

Passion dalam konsep Ikigai

Apa yang dimaksud dengan Passion dalam konsep ikigai?. Passion adalah gabungan antara bidang yang  kamu sukai dengan keahlianmu.

Misi dalam konsep Ikigai

Apa yang dimaksud dengan Misi? Misi adalah gabungan antara bidang yang kamu sukai dengan sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Profesi dalam konsep Ikigai

Apa yang dimaksud dengan Profesi? Profesi adalah gabungan antara bidang keahlian dengan sesuatu yang dapat kamu lakukan untuk mendapat bayaran dari keahlian atau profesimu.

Pekerjaan dalam konsep Ikigai

Apa yang dimaksud dengan Pekerjaan? Pekerjaan adalah gabungan antara yang dibutuhkan masyarakat dengan sesuatu yang dapat kamu lakukan untuk mendapat bayaran atas sesuatu yang kamu kerjakan.

Ikigai sebuah filosofi hidup bahagia orang Jepang yang patut ditiru

Ikigai Sebuah Konsep Hidup Bahagia Asal Jepang
Ikigai Sebuah Konsep Hidup Bahagia Asal Jepang

Seringkali kita merasa kurang bergairah, tidak semangat, dan malas, merasa bosan, lelah, dan perasaan tak menentu saat menjalani rutinitas sehari-hari. Namun, jika kondisi tersebut berlangsung secara terus-menerus maka jelas akan mengganggu kesehatan Anda. Lalu, bagaimana cara untuk memperbaiki semuanya agar hidup terasa lebih bermakna?.

Pernahkan Anda mendengar istilah konsep hidup Ikigai?. Ikigai (生き甲斐) adalah istilah dari bahasa Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan seseorang. Ikigai bisa menjadi salah satu jawaban agar hidup Anda menjadi bermakna dengan memahami konsepnya.

Konsep Hidup Ikigai

Konsep Ikigai telah dijalani oleh sebagian besar masyarakat Jepang sampai saat ini. Masyarakat Jepang percaya dengan menumbuhkan konsep hidup Ikigai dalam hidup, mereka akan semakin menemukan makna dalam kehidupan dan hal ini membuat sebagian besar orang Jepang memiliki angka harapan hidup yang tinggi.

Alasan seseorang untuk bangun di pagi hari tidak selalu berarti bahwa itu adalah suatu hal yang besar. Bahkan terkadang dari hal-hal kecil dan sederhana, kita justru menemukan makna dari kebahagiaan. Misalnya, saat menikmati matahari terbit, minum kopi pahit buatan sendiri, memasak makanan untuk disantap bersama keluarga, ataupun hal-hal sederhana lain yang tanpa kita sadari dapat membuat hati ini bersemangat dan bahagia saat melakukannya.

Seseorang yang menerapkan konsep hidup Ikigai akan tahu alasan mereka harus bangun pagi, harus memperjuangkan sesuatu, dan memiliki harapan menuju masa depan.

Bagaimana Cara Menemukan Ikigai dalam diri

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk menerapkan konsep hidup Ikigai, pasti bertanya bagaimana cara menemukan Ikigai dalam hidup. Pada dasarnya, Ikigai merupakan irisan dari empat elemen yaitu Passion, Mission, Vocation, dan Profession. 

Dalam menemukan Ikigai, yang terpenting adalah menyeimbangkan empat elemen tersebut untuk saling mengisi dalam membentuk sebuah tujuan hidup berkelanjutan. Jika empat aspek tersebut digabungkan akan membentuk sebuah diagram sebagai berikut.

Keempat aspek tersebut harus saling melengkapi. Jika Anda hanya menemukan beberapa saja maka belum bisa dikatakan sudah menemukan cara hidup Ikigai. Apabila kita dapat menyatukan keempat elemen tersebut, maka kita akan menemukan arti dari Ikigai yang dapat membuat hidup lebih bermakna.

Lima Pilar Penting dalam Konsep Hidup Ikigai

Selain itu, dalam Ikigai dikenal lima pilar penting yang menopang prinsip Ikigai itu sendiri. Kelima pilar tersebut adalah: 

1 . Awali sesuatu dengan hal yang kecil

Hal kecil yang bisa menjadi awal dari hari Anda, bisa jadi adalah bangun pagi. Pada saat kita bangun pagi terlebih dengan rasa syukur akan memberikan rasa positif yang berguna untuk mengawali hari. Pada pagi hari, apabila waktu tidur Anda cukup, otak akan berada dalam kondisi segar dan siap untuk mencerna informasi baru.

2. Bebaskan diri

Membebaskan diri seperti layaknya seorang anak kecil. Anak kecil terbiasa berpikir secara polos dan apa adanya. Alangkah menyenangkan apabila kita dapat mempertahankan cara pandang seorang anak kecil sepanjang kehidupan kita.  Berada dalam kondisi mengalir dan terbebas dari beban diri sendiri akan meningkatkan kualitas dalam hidup dan pekerjaan. Berada dalam kondisi mengalir menjadikan pekerjaan akan berkelanjutan dan terasa menyenangkan.

3. Keselarasan dan kesinambungan

Sebagai makhluk sosial sudah sewajarnya kita hidup selaras dan berdampingan. Begitu pula dalam prinsip Ikigai, dengan menghargai dan menghormati karakteristik tiap orang di sekitar maka akan timbul sebuah “segitiga emas” antara Ikigai, aliran, dan kreativitas. Ikigai berhubungan erat dengan menjaga keselarasan dengan lingkungan, dengan orang-orang di sekitar, dan masyarakat secara luas. Tanpanya maka kelestarian akan menjadi mustahil.

4. Kegembiraan dari hal-hal kecil

Orang-orang Jepang terkenal dengan penghargaannya terhadap hal-hal kecil. Mereka terbiasa menghargai sesuatu walau dari hal terkecil sehingga menghasilkan suatu karya yang luar biasa. Contohnya, makanan khas Jepang yaitu susyi. Restoran di Jepang sangat teliti dalam memilih ikan sebagai bahan utama dari sushi. Mereka rela bangun pagi dan berjalan ke pasar ikan dini hari guna mendapatkan ikan terbaik, hasil tangkapan nelayan semalam, yang masih segar dengan kualitas sempurna yang dapat disajikan kepada para pelanggannya.

5. Hadir di tempat dan waktu saat ini

Menikmati waktu dan kondisi yang dirasakan pada saat sekarang adalah salah satu pilar dari Ikigai. Kesederhanaan yang timbul dari keadaan sekitar kita apa pun itu, ketika menghargai dan menikmati waktu yang telah diberikan akan membuat hidup terasa lebih bermakna.

Nah, itu dari penjelasan singkat mengenai konsep dan nilai hidup bahagia dari filosofi hidup Ikigai. Simak juga berbagai artikel menarik lain dihalaman utama.

Ruang Riang Creative

Ruang Riang Creative, Media & Jasa Creative, Jasa Bikin Website, Jasa Bikin CD, Jasa Bikin Kaset, Jasa Sablon, Cosmics Creative.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama