Ternyata Inilah Ciri-ciri Orang Cerdas, Kenali Kecerdasan Dirimu!

Ternyata Inilah Ciri-ciri Orang Cerdas, Kenali Kecerdasan Dirimu!

Ternyata Inilah Ciri-ciri Orang Cerdas, Kenali Kecerdasan Dirimu!
Ternyata Inilah Ciri-ciri Orang Cerdas, Kenali Kecerdasan Dirimu!

Ciri-ciri orang cerdas tampaknya mengetahui fakta acak tentang segala hal, atau orang yang memecahkan persamaan matematika dengan cepat.

Ruang Riang Creative - Tentunya setiap orang memiliki standar ciri kecerdasan yang berbeda untuk mendeskripsikannya. Sebagian beranggapan bahwa ciri-ciri orang cerdas adalah memiliki IQ tinggi, penuh kreativitas atau mudah memahami segala ilmu.

Sebenarnya ciri kecerdasan tidak hanya bisa dilihat dari hal tersebut. Orang yang cerdas cenderung menggunakan logika dalam berfikir dan bertindak, jadi mereka memiliki beberapa ciri yang mudah untuk dilihat dan dikenali.

Bahkan tidak perlu memiliki IQ tinggi untuk dianggap sebagai orang cerdas. Faktanya, para ahli mengatakan, ada lebih dari itu, dan banyak orang yang sangat cerdas bahkan tidak menyadari betapa pintarnya mereka sebenarnya.

Kecerdasan sebetulnya tidak hanya diukur dengan Intelligent Quotient (IQ). Tes IQ hanya mengukur keterampilan spesifik seperti daya ingat, pemecahan masalah, serta pengetahuan latar belakang sebuah isu. Skor rendah tidak lantas mengindikasikan kecerdasan yang buruk.

Kecerdasan juga ditandai dengan kemampuan mengendalikan emosi, sehingga mampu selalu bersikap baik pada diri sendiri dan orang lain. Pengendalian emosi yang baik juga memungkinkan seseorang tidak mudah hilang kendali.

Orang yang sangat cerdas adalah orang yang fleksibel dalam berpikir dan dapat beradaptasi dengan perubahan, mereka berpikir sebelum berbicara atau bertindak, dan mereka mampu mengelola emosi mereka secara efektif.

Seseoramg memiliki beberapa jenis kecerdasan yang berbeda, termasuk tidak terbatas pada kecerdasan intelektual, sosial, dan emosional. Banyak kesamaan sifat yang dimiliki oleh orang-orang yang sangat cerdas. Misalnya, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology, menemukan bahwa orang yang sangat cerdas sebenarnya lebih suka menyendiri. 

Ditemukan bahwa orang yang lebih pintar cenderung mengalami kepuasan hidup yang lebih rendah, semakin sering mereka bersosialisasi dengan teman. Menurut psikologi evolusioner, orang berevolusi menjadi cerdas untuk memecahkan masalah. Jadi mereka yang lebih bahagia sendirian dianggap sangat cerdas karena mereka memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan sendiri tanpa membutuhkan bantuan apa pun.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri orang cerdas, kamu termasuk yang mana?

Ternyata Inilah Ciri-ciri Orang Cerdas, Kenali Kecerdasan Dirimu!
Ternyata Inilah Ciri-ciri Orang Cerdas, Kenali Kecerdasan Dirimu!

1. Orang Cerdas Mudah Beradaptasi

Beberapa pengguna Quora mencatat bahwa orang cerdas fleksibel dan mampu berkembang dalam pengaturan yang berbeda.

Seperti yang ditulis Donna F Hammett, orang-orang cerdas beradaptasi dengan menunjukkan apa yang dapat dilakukan terlepas dari kerumitan atau batasan yang dikenakan pada mereka.

Penelitian psikologis mendukung gagasan ini: Kecerdasan bergantung pada kemampuanmu untuk mengubah perilakumu sendiri agar dapat mengatasi lingkungan secara lebih efektif atau membuat perubahan pada lingkungan tempatmu berada.

Orang yang cerdas cenderung mudah beradaptasi dengan orang atau lingkungan baru. Mereka adalah tipe orang fleksibel yang bisa berbaur dengan siapapun asal tidak merugikan mereka.

2. Orang Cerdas Akan Mengakui Bila Tidak Bisa Dalam Melakukan Suatu Hal

Orang-orang cerdas dapat mengakui ketika mereka tidak terbiasa dengan konsep tertentu. Seperti yang ditulis Jim Winer, orang-orang cerdas "tidak takut untuk mengatakan: 'Saya tidak tahu.' Jika mereka tidak mengetahuinya, mereka dapat mempelajarinya."

3. Orang Cerdas Selalu Merasa Ingin Tahu

Albert Einstein dengan terkenal berkata, "Saya tidak memiliki bakat khusus, saya hanya ingin tahu dengan penuh semangat."

Rasa ingin tahu yang menggebu-gebu tentang dunia di sekitar mungkin menjadi salah satu kunci kecerdasan. Orang cerdas membiarkan diri mereka terpesona oleh hal-hal yang dianggap remeh oleh orang lain.

Apakah kamu suka membaca, menikmati seni, dan menjelajahi bahasa atau kebudayaan lain? Atau suka menanyakan sesuatu yang langsung pada inti masalah dan menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu suatu topik?. Rasa penasaran, apapun bentuknya sangat berkaitan dengan kecerdasan. Seseorang yang dengan inteligensi tinggi menyukai gambaran utuh dan kompleksitas akan sesuatu.

Sebenarnya, orang yang cerdas bisa dilihat dari seberapa banyak dia memiliki rasa ingin tahu dalam pikirannya. Dia akan selalu mencoba mempertanyakan segala hal dan penasaran untuk mendapatkan jawabannya. Hal ini akan membuat pikirannya lebih berkembang dan wawasannya bertambah luas. Orang cerdas tidak akan diam dan menerima semua usulan atau ilmu baru yang dia dapat sebelum dia merasa bahwa hal itu masuk dalam logikanya.

4. Orang Cerdas Sering Mengajukan Pertanyaan Mendalam

Perbedaan mendasar antara orang yang benar-benar cerdas dengan orang lain, kata Justin Arvin, adalah kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat. 

Orang cerdas tahu bahwa mengajukan pertanyaan yang menggugah pikiran sama pentingnya dengan memberikan jawaban. Itu karena pertanyaan dapat menantang pemikiran dan membantu menemukan solusi baru untuk masalah lama.

5. Orang Cerdas Memiliki Empati Tinggi atau Peka

Orang cerdas dapat hampir merasakan apa yang dipikirkan/dirasakan seseorang. Beberapa psikolog berpendapat bahwa empati, menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan perasaan orang lain dan bertindak dengan cara yang peka terhadap kebutuhan tersebut, merupakan komponen inti dari kecerdasan emosional.

Individu yang cerdas secara emosional biasanya sangat tertarik untuk berbicara dengan orang baru dan belajar lebih banyak tentang mereka.

Kunci kecerdasan emosional adalah memahami sesuatu dengan perspektif orang lain. Sementara, kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengerti dan mengekspresikan perasaan dengan cara yang sehat dan produktif.

Orang yang tingkat intelektualitasnya tinggi secara umum dapat menyadari apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Empati juga menunjukkan aspek lebih dalam dari penerimaan atas pengalaman orang lain.

6. Orang Cerdas Berpikiran Terbuka dan Melihat Masalah dari Bebagai Sudut Pandang

Orang pintar tidak menutup diri terhadap ide atau peluang baru. Orang cerdas bersedia menerima dan mempertimbangkan pandangan lain dengan nilai dan pikiran yang luas dan terbuka untuk solusi alternatif.

Sebelum mencoba menyelesaikannya, orang yang cerdas akan menganalisa masalahnya dari berbagai sudut untuk menemukan jalan keluarnya. Dia tidak akan gegabah dalam memutuskan sesuatu melainkan menelaahnya dahulu secara matang. Hal ini dia lakukan untuk meminimalisir kesalahan dan kegagalan yang akan terjadi.

7. Orang Cerdas Tidak Mudah Tersinggung

Tidak mudah tersinggung adalah salah satu ciri kedua dari orang cerdas. Dibanding memikirkan apa yang orang lain katakan dan pikirkan tentang dia, dia lebih peduli untuk fokus membuat dirinya menjadi lebih berkembang dan maju.

8. Orang Cerdas Berani Mengakui Kesalahan dan Minta Maaf

Bagi orang cerdas, kesalahan adalah bagian dari hidup. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Baginya tidak masalah jika melakukan kesalahan, yang paling penting adalah mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut dan meminta maaf secara gentle.

9. Orang Cerdas Suka Menyendiri

Merasakan kepuasan saat sendirian juga menandakan kecerdasan seseorang. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk bersosialisasi, maka akan semakin sedikit waktu untuk melakukan introspeksi dan mencapai tujuan pribadi.

Namun, bukan berarti orang-orang semacam ini tidak ingin bergaul sama sekali. Pada intinya, orang-orang cerdas yang menghargai kesendiriannya sangat paham kebutuhan mereka dalam hal bersosialisasi.

Pemahaman atas diri sendiri mencakup pada pengetahuan atas nilai-nilai pribadi, tujuan hidup, potensi, dan lainnya. Seseorang yang sangat memahami dirinya dapat disimpulkan memiliki kecerdasan yang tinggi, sebab merasa nyaman dengan diri sendiri, mengetahui letak kemampuan, dan percaya diri dengan keputusan yang mencerminkan nilai yang dianut.

10. Orang Cerdas Mengobservasi dan Mengingat

Kemampuan mengobservasi sesuatu berkaitan dengan tipe kecerdasan yang berbeda. Misalnya, jika kamu pandai menemukan pola visual, artinya kamu punya kecerdasan spasial-visual.

Jika kamu pandai mengingat sesuatu yang didengar atau dibaca, artinya kamu punya kemampuan verbal-linguistik yang baik. Contoh lagi, seseorang yang punya kecerdasan naturalis dapat memahami adanya perubahan di alam.

Sebetulnya kecerdasan juga dapat ditunjukkan secara fisik, contohnya kamu kesulitan menunjukkan arah suatu tempat, tetapi mengetahui rute menuju ke sana.

Kecerdasan kinestetik yang tinggi menunjukkan ketangkasan dan koordinasi tubuh yang baik. Artinya, seseorang seperti ini mengingat pola gerakan dengan baik dan mampu menduplikasinya tanpa banyak usaha.

11. Orang Cerdas Mampu Menghadapi Tantangan

Salah satu komponen utama kecerdasan adalah karakter adaptif. Jadi, seseorang bisa beradaptasi dengan situasi yang dinamis.

Sebetulnya, karakter adaptif juga berkaitan dengan daya tahan untuk bangkit dari keterpurukan. Sifat semacam ini menegaskan kecerdasan seseorang, utamanya saat menanggapi kesulitan dengan humor.

12. Orang Cerdas Mampu bersikap tetap tenang

Keterampilan interpersonal yang baik juga mengindikasikan kecerdasan. Beberapa komponen yang termasuk dalam kemampuan ini adalah, membaca bahasa tubuh orang lain untuk mendapatkan petunjuk atas sebuah konflik.

Kedua, memanfaatkan bahasa tubuh orang lain untuk bertanya dan mendengar dengan empati dari pihak berseteru. Ketiga, mampu mendorong sisi-sisi yang sedang bertengkar untuk saling mendengar perspektif. Terakhir, mampu memberi saran atas konflik yang terjadi.

Mampu bergaul dengan baik sebetulnya tidak secara saklek ditafsirkan sebagai tanda kejeniusan, tetapi hal ini adalah salah satu aspek penting kecerdasan.

13. Orang Cerdas Cenderung Cemas

Rasa khawatir adalah sikap mendasar saat kita mempersiapkan kemungkinan buruk. Meski tidak dapat dikatakan bagus, hal ini dapat mengindikasikan kecerdasan yang lebih tinggi.

Namun dalam sebuah penelitian mini di tahun 2011 juga diperlihatkan bahwa orang ber-IQ tinggi punya dua kemungkinan, yaitu banyak ceams atau sangat jarang merasa cemas.

Penjelasan hal di atas adalah, orang ber-IQ tinggi yang jarang cemas itu memahami bahwa hal yang mereka ketahui, berkemungkinan kecil untuk terjadi. Mereka juga bisa jadi merasa percaya diri dapat menghadapi tantangan apapun.

Sedangkan orang ber-IQ tinggi yang banyak khawatir ini bisa jadi mereka punya banyak pengetahuan akan potensi risiko dan ingin mempersiapkan setiap kemungkinan. Jadi, kekhawatiran mereka itu juga mencakup pembuatan rencana untuk menghindari masalah yang mungkin timbul.

14. Orang Cerdas Pandai Mengelola Emosi

Kemampuan dalam mengelola emosi dapat menerjemahkan banyak hal perihal kecerdasan emosi seseorang. Secara umum, seseorang dengan kecerdasan emosi yang tinggi dapat mengenali emosi yang rumit, memahami bagaimana perasaan memengaruhi pilihan dan tindakan.

Kemudian, orang-orang ini juga melatih pengendalian diri untuk mengekspresikan sesuatu di waktu yang tepat. Mereka juga dapat mengekspresikan perasaan dengan cara yang aman dan sehat.

Nah itu tadi beberapa ciri-ciri orang cerdas yang bisa Anda kenali. Simak juga artikel menarik lain di halaman utama. Selamat membaca!.


Ruang Riang Creative

Ruang Riang Creative, Media & Jasa Creative, Jasa Bikin Website, Jasa Bikin CD, Jasa Bikin Kaset, Jasa Sablon, Cosmics Creative.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama