Daftar 52 Jajanan Pasar Legendaris dan Nikmat

Daftar 52 Jajanan Pasar Legendaris dan Nikmat
Daftar 52 Jajanan Pasar Legendaris dan Nikmat

Jajanan pasar menjadi salah satu kudapan yang paling diminati terutama saat pagi. Ada ratusan jenis jajanan pasar legendaris dan nikmat yang bisa Anda coba. Simak daftar 52 jajanan pasar legendaris dan nikmat berikut ini.

Ruang Riang Creative - Jajanan pasar juga memiliki ciri khas dari tiap daerah asalnya. Hampir semua jenis jajanan pasar disukai masyarakat sebagai menu sarapan, jamuan tamu, dan acara syukuran atau pernikahan.

Uniknya lagi, kita bisa menemukan jajanan pasar dengan bentuk mirip, atau bahkan sama namun dengan nama yang berbeda. Berikut kami rangkum daftar jajanan pasar legendaris dan nikmat yang mungkin sudah sering Anda coba.

Daftar 52 jajanan pasar legendaris dan nikmat

1. Klepon
Klepon adalah jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. 

Klepon yang sudah masak lalu digulingkan di atas parutan kelapa agar melekat. Klepon menjadi salah satu jajanan pasar yang paling familiar dan sangat mudah dijumpai. 

2. Onde-onde
Onde-onde adalah jajanan pasar atau makanan tradisional khas peranakan. Bentuk onde-onde sangat unik, yaitu berbentuk bola-bola kecil yang dilapisi dengan biji wijen. 

Rasa kue jajanan pasar tradisional satu ini kenyal, gurih, dan manis sebab di dalamnya terdapat campuran kacang hijau halus dan gula sebagai isian.

3. Lemper
Lemper merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang populer hampir di seluruh Indonesia. Lemper merupakan camilan ketan beras dengan isi ayam atau abon, yang dibalut dengan daun pisang.

4. Dadar Gulung
Dadar gulung merupakan jajanan pasar jenis kue basah yang terdiri dari kulit dadar tipis terbuat dari tepung. Kulit ini kemudian diisi dengan parutan kelapa yang telah dicampur dengan gula jawa. 

Isi kelapa kemudian digulung bersama kulit. Kulit dadar gulung biasanya berwarna hijau karena diberi pewarna daun suji.

5. Kue Cente manis
Cente manis merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari hunkwe. Jenis jajanan pasar ini biasanya dibungkus dengan plastik atau dicetak dengan cetakan berbentuk bunga. 

Kue cente manis juga biasanya ditambahkan campuran sagu mutiara yang memberi tampilan yang cantik.

6. Kue Cucur
Kue cucur berbentuk bundar dan agak ceper. Warnanya cokelat dan teksturnya agak kenyal. Bahan utama kue cucur adalah tepung beras dan gula merah.

7. Kue Cenil
Kue Cenil sekilas mirip dengan klepon, namun versi lebih mininya. Jajanan satu ini terbuat adonan tepung kanji yang dibulatkan, lalu diberi taburan berupa parutan kelapa dan gula. 

Ciri khas kue cenil sendiri adalah warnanya yang beragam dalam satu tusukan lidi. Dalam menyambut hari kemerdekaan, biasanya cenil disajikan dalam warna merah dan putih, senada dengan warna bendera.

8. Kue Talam
Kue talam umumnya dibuat dengan bahan baku tepung-tepungan seperti tepung beras, tepung singkong (tapioka), tepung terigu atau tepung sagu. Kue talam biasanya berlapis. 

Tepung beras, tapioka, dan gula merah dubuat adonan dan direbus lalu dicurahkan sehingga membentuk 4 lapisan. Kemudian tepung maizena & santan direbus dan dicurah pada lapisan paling atas. Sedangkan garam & daun pandan merupakan pelengkap dalam setiap adonan.

9. Kue Lopis / Lupis
Jika diberi clue berupa jajanan berbentuk segitiga, sebagian besar Sayurfriends mungkin langsung bisa menebak nama jajanan satu ini. 

Kue lopis merupakan camilan yang terbuat dari ketan, dengan topping berupa parutan kelapa dan gula merah cair. Kue lopis yang dibungkus dengan daun pisang saat dimasak, membuatnya mengeluarkan aroma harum yang menambah rasa nikmat saat menyantapnya.

10. Carabikang
Carabikang cukup populer di Indonesia terutama di Jawa. Jajanan tradisional ini adalah kue manis khas Indonesia yang berbahan dasar tepung terigu. Rasanya sangat disukai banyak orang dan bentuknya menarik, merekah seperti bunga. Carabikang akan kamu jumpai dipasaran dengan aneka warnayang menarik.

Simak daftar 52 jajanan pasar legendaris dan nikmat berikut ini.
Simak daftar 52 jajanan pasar legendaris dan nikmat berikut ini. 

11. Bugis Ketan
Kue Bugis adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang diadonin dengan santan. Setelah itu diisi dengan centi (ampas kelapa yang disiram dengan air gula), lalu dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus.

12. Serabi
Serabi atau surabi terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Dipanggang menggunakan wajan tanah liat dengan kayu bakar. Serabi asin biasanya lebih tebal, dengan isian kelapa parut. Serabi manis dibuat lebih kecil dengan tambahan gula merah. Ada juga varian serabi lain seperti serabi kinca atau pandan, dan serabi Solo.

13. Kue Mendut
Kue Mendut merupakan kue tradisional berbungkus daun pisang yang terbuat dari tepung ketan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.  Dalam adonan kue mendut terdapat isian unti kelapa dan kuah santan. Untuk membuatnya, adonan kue lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. 

14. Wajik
Wajik adalah jajanan yang terbuat dari beras ketan, santan, dan gula merah, lalu dimasak dengan cara dikukus. Sesuai dengan namanya, jajanan ini memiliki bentuk menyerupai wajik, jajar genjang, atau belah ketupat. Wajik menghadirkan cita rasa manis dengan tekstur yang legit dan gurih, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari.

15. Kue Bugis Mandi
Kue Bugis adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang diadonin dengan santan. Setelah itu diisi dengan centi (ampas kelapa yang disiram dengan air gula), lalu dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus.

16. Kue Ku
Kue ku atau juga dikenal sebagai kue kura-kura merah termasuk jajanan yang paling sering ditemukan di pasaran. Kue ini berbentu bulat atau oval dengan motif menyerupai cangkang kura-kura. Kue ku terbuat dari kulit ketan yang lengket dan lembut dengan isian manis di tengahnya. Isi kue ku biasanya kacang hijau atau kacang tanah dan gula.

17. Kue Putu Ayu
Kue putu ayu yang jadi ciri khas jajanan pasar tradisional. Kue dengan bentuk seperti bolu bulat berwarna hijau dengan taburan kelapa parut di atasnya. Kue putu ayu ini memiliki tekstur yang empuk dan lembut dengan rasa gurih.

18. Kue Putu
Kue putu termasuk jenis jajanan pasar yang unik. Kue ini biasa dijual dengan gerobak dengan bunyi yang khas. Kue putu terbuat dari butiran kasar tepung beras, parutan kelapa yang dimasak di dalam tabung bambu kecil dan diisi dengan gula merah.

19. Lumpia
Lumpia merupakan jenis jajanan pasar populer yang berasal dari Semarang. Lumpia adalah jajanan yang terdiri dari kulit dan isian. Gorengan satu ini biasanya memiliki isian rebung, dan memiliki dua varian yaitu lumpia basah dan lumpia kering.

20. Kue Putri Noong / Kue Mata Roda
Kue mata roda merupakan salah satu jajanan asal Jawa Barat yang bercita rasa manis dan bertekstur lembut. Ini termasuk jenis kue basah yang disajikan dalam bentuk bulat dengan warna cerah.

Camilan berbahan dasar singkong ini, diparut dan diperas untuk dibuang airnya, kemudian dicampurkan dengan santan, garam, kelapa parut, dan gula pasir untuk membuat adonan yang lembut dan manis. Setelah itu, ditambahkan pisang sebagai isian di dalamnya, lalu dikukus hingga matang.

21. Getuk Lindri
Jenis jajanan pasar getuk ini terbuat dari bahan singkong rebus. Biasanya, getuk yang paling populer adalah getuk lindri. Bentuknya seperti mi yang dipadatkan dan dipotong kotak-kotak memanjang. Getuk lindri disajikan dengan parutan kelapa yang gurih dan sedikit gula pasir.

22. Kue Lapis Legit
Lapis legit atau spekuk adalah salah satu jenis kue basah tradisional dari Indonesia. Kue ini pertama kali dikembangkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia yang terinspirasi dari kue lapis Eropa. Kue ini memiliki rasa kaya rempah karena terbuat dari campuran kapulaga, kayu manis, cengkih, bunga pala, dan adas manis.

23. Kue Mangkok
Jajanan Pasar Kue Basah Asli Medan. Kue Mangkok / Mangkuk adalah kue yang terbuat dari tepung beras dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus dan berbentuk seperti mangkuk dan mekar pada ujungnya. Kue Mangkok / Mangkuk tersedia dalam varian seperti pink, gula Jawa, putih,angkak asli.

24. Semar Mendem
Semar mendem dan lemper punya kesamaan, yaitu kue basah yang dibuat dari nasi ketan yang dimasak bersama santan. Kemudian, diisi dengan ayam suwir dan dibentuk. Bedanya adalah semar mendem dibungkus dengan kulit berbahan adonan telur-tepung terigu yang didadar tipis. Semar mendem punya tambahan rasa gurih dari kulitnya.

25. Kue Lapis
Kue lapis biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis, hal ini yang kemudian memberi nama kue ini. Kue lapis ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir dan garam. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan.

26. Kue Lumpur
Kue lumpur terbuat dari santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi digunakan vanila dan sering kali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya. Kue lumpur terinspirasi dari kue khas Portugis yang disebut pasteis de nata.

27. Misro
Kata misro sebenarnya merupakan kependekan dari ‘amis di jero’ (bahasa Sunda) yang artinya manis di dalam. Amis sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti manis.

Misro merupakan camilan khas di Jawa Barat yang terbuat dari singkong parut dengan isian gula merah yang diiris halus dan kemudian digoreng hingga jadi renyah. Singkong parut ini dibentuk menjadi bulat agak pipih baru kemudian diberi gula merah.

28. Kue Cente manis / Jentik Manis
Cente manis hunkwe Cente manis atau cantik manis adalah kue tradisional khas Betawi yang terbuat dari hunkue atau tepung kacang hijau.

29. Pastel
Jenis jajanan pasar berikutnya adalah pastel. Pastel memiliki rasa yang gurih dan renyah, sehingga banyak orang menyukainya. Apalagi, isi dari pastel bisa dibuat beragam. Ada yang isinya sayuran, ada pula yang diisi dengan tambahan telur atau daging. Menyantapnya dengan cabe rawit begitu nikmat.

30. Bolu Kukus
Kue basah yang banyak ditemukan selanjutnya adalah bolu kukus. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, susu, soda, dan perisa tambahan seperti vanila atau cokelat. Bolu kukus memiliki tampilan mirip cupcake dengan kue yang merekah dan lembut ketika masuk ke dalam mulut.

31. Kue Pukis
Kue pukis terbuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan. Adonan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api. Pukis biasanya diberi taburan cokelat, keju, sukade, atau selai.

32. Kue Cucur
Kue cucur termasuk jenis jajanan pasar yang banyak ditemui di tempat jajanan pasar. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras dan gula aren yang digoreng. Kue ini tebal menggembung seperti gunung di bagian tengah dan tipis di pinggirannya. Di Indonesia, khususnya Jakarta, makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi.

33. Bika Ambon
Bika ambon adalah penganan khas Medan, Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti tepung tapioka, telur, gula, dan santan. Bika Ambon adalah salah satu makanan khas jenis kue basah. Kue satu ini memiliki ciri khas dengan warnanya yang kuning dan memiliki rongga-rongga di bagian dalamnya. Kue dengan rasa yang lezat ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan sangat populer di Kota Medan.

34. Arem-arem
Arem-arem adalah jenis jajanan pasar yang bentuknya sekilas mirip dengan lemper. Bentuknya memanjang dan terbungkus daun pisang. Yang berbeda, arem-arem terbuat dari nasi aron yang dipadatkan dan diberi bahan isian sayur atau tempe.

35. Tahu Bakso
Tahu Bakso adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Makanan yang memadukan tahu dan bakso ini dibuat ala homemade sehingga bakso sapinya terbuat dari daging pilihan dan tanpa bahan pengawet.

Tahu bakso yang dapat disajikan dalam bentuk kukus atau di goreng biasa ini memiliki rasa gurih yang khas dengan tekstur empuk yang sangat lezat. 

36. Bakwan Udang
Bakwan merupakan gorengan yang mungkin bisa ditemukan di mana saja. Jenis jajanan pasar yang biasanya berbentuk mangkok ini terdiri dari adonan tepung berisi sayuran dengan rasa yang begitu lezat. Apa alagi jika ditambahkan dengan cabai rawit atau saus sambal.

37. Kue Putu Ayu
Jajanan pasar yang sampai saat ini terbilang masih sering ditemukan adalah kue putu ayu. Kue putu ayu merupakan kue berbahan dasar tepung terigu, gula pasir, dan santan kelapa, di mana bagian atasnya berupa parutan kelapa. Kue putu ayu ini sendiri memiliki cetakan khasnya sendiri, yang umumnya berbentuk persegi di bagian dasarnya dan bolong di bagian tengah atasnya.

38. Bolu Kukus
Bolu kukus adalah camilan tradisional khas Indonesia. Bolu kukus dianggap sebagai jenis kue bolu yang memiliki tekstur lembut dan mengembang. Bagian bawah bolu kukus dilapisi dengan wadah kertas bergelombang, mirip dengan kue mangkuk. Bolu kukus dapat ditemukan dengan mudah di pasar hingga penjual kue tradisional.

39. Gemblong
Gemblong adalah salah satu macam-macam kue basah tradisional yang banyak ditemukan dalam jajanan pasar. Kue gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Adonan kemudian dibentuk bulat dan digoreng, setelah dingin dilapisi dengan larutan gula aren.

40. Tahu Isi
Tahu isi adalah tahu goreng dibalut tepung dengan isi sayuran seperti toge, wortel, kubis, dan daun bawang cincang. Tahu ini juga termasuk salah satu jajanan pasar yang populer. Kulit tahu isi sering juga dibuat menyerupai tekstur kulit ayam goreng krispi, kriuk dan renyah.

41. Risoles
Risoles merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang tak kalah banyak digemari. Risoles merupakan jajanan yang dibalut tepung panir, yang biasanya berisi sayuran. Namun, sekarang ini sudah banyak variasinya, yaitu dengan topping modern seperti keju, mayonaise, smoked beef, dan lain-lain.

42. Kue Apem
Apem merupakan jenis jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras dan campuran telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam. Adonan apem dibakar atau dikukus dan memilki rasa manis khas tape. Kue apem diyakini dibawa Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan Prabu Brawijaya. Kue apem bahkan masuk dalam kekayaan budaya Jawa.

43. Serabi
Serabi termasuk kue basah yang khas di Indonesia. Ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca (gula merah cair) dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Jenis serabi lainnya yang berasal dari Solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan dipanggang di atas arang mirip panekuk.

44. Kue Dadar Gulung
Jajanan tradisional khas Indonesia memang banyak yang berwarna hijau, salah satunya adalah dadar gulung. Dadar gulung merupakan jajanan berbahan dasar tepung terigu dan santan untuk membuat kulit dadarnya. Setelah kulitnya matang, lalu diberi isian berupa kelapa parut yang telah dicampur dengan gula. Lembutnya tekstur kulitnya, berpadu dengan manisnya isian dadar gulung.

45. Onde-onde
Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Onde-onde berasal dari Tiongkok yang kemudian menyebar ke Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

46. Kue Carabikang
Carabikang terbuat dari tepung beras debfab rasa manis dan memiliki tekstur lembut dan berserat. Carabikang bisa dijumpai di pasar tradisional. Kue ini berbentuk seperti bunga merekah dengan warna yang cantik.

47. Kue Nagasari
Nagasari terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Pisang yang biasa digunakan sebagai isi adalah pisang jenis pisang raja. Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus.

48. Klapertaart
Klappertart merupakan kue khas Manado yang sangat populer. Kue ini berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Klappertart termasuk ikon kuliner di Sulawesi Utara. Klappertart tersedia dalam bentuk padat yang dipanggang atau lembut menyerupai custard

49. Wingko
Wingko babat terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut muda dan gula pasir. Wingko biasanya berbentuk bundar biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko babat punya tekstur yang kenyal dan halus. Camilan ini punya rasa manis yang legit. Wingko babat yang terkenal di Lamongan adalah Wingko Babat Loe Lan Ing.

50. Kue Cubit
Kue cubit terbuat dari campuran susu dan tepung terigu. Kue ini sangat terkenal di Jakata dan sekitaranya. Dinamakan kue cubit karena ketika kue matang, kue ini diambil dengan alat penjepit yang akan terlihat seperti dicubit.

51. Kue Pancong
Kue pancong juga dikenal dengan nama bandros. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, daun suji dan santan. Kue ini biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir. Bentuk kue ini mirip dengan kue pukis karena memang dicetak pada cetakan yang serupa.

52. Kue Sus
Kue sus adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla, custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi. Kue ini banyak dihidangkan bersama jajanan pasar lainnya.

Nah itu tadi daftar 52 jajanan pasar legendaris dan nikmat yang bisa dirangkum di artikel ini. Simak juga berbagai artikel menarik lain di halaman utama. Selamat membaca!






Ruang Riang Creative

Ruang Riang Creative, Media & Jasa Creative, Jasa Bikin Website, Jasa Bikin CD, Jasa Bikin Kaset, Jasa Sablon, Cosmics Creative.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama