Mencicip Bebalung di Depot Kelebet Lombok, Legendaris Sejak 1976

Mencicip Bebalung di Depot Kelebet Lombok, Legendaris Sejak 1976
Mencicip Bebalung di Depot Kelebet Lombok, Legendaris Sejak 1976

Mencicip bebalung di depot kelebet Lombok, sop daging legendaris sejak 1976. Kulineran di Lombok kurang lengkap jika belum mencicipip bebalung. Bebalung adalah salah satu kuliner khas Lombok yang jadi kesukaan bagi banyak wisatawan.

Ruang Riang Creative - Warung yang sudah terdapat sejak tahun 1976 ini menyuguhkan bebalung ataupun universal disebutkan sop tulang selaku sajian unggulan. 

Sop ini berisi daging tulang iga sapi ataupun kerbau, kemudian kuahnya diberi bumbu dengan cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, serta kunyit kemudian dipertambah jahe.

Sop ini memililiki cita- rasa pedas serta mampu menghangatkan tubuh. Harga satu jatah bebalung sekitaran Rp 25 ribu. Depot Kelebet terdapat di Jalur Hos Cokroaminoto Nomor. 10, Monjok Team., Kec. Selaparang, Kota Mataram.

Bebalung Depot Kelebet Lombok, Legendaris Sejak 1976

Bebalung terbuat dari tulang iga sapi ataupun kerbau yang digabung dengan ramuan bumbu yang dibagi dalam cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas serta kunyit plus jahe. 

Bebalung bisanya dihidangkan ke mangkuk dengan taburan bawang merah goreng. Di Lombok, hidangan bebalung yang terpopuler dipasarkan di depot Kelebet yang terdapat di jalur HOS Cokroaminoto. 

Depot yang terletak terdapat di balik kantor gubernur NTB ini senantiasa dipenuhi wisatawan yang berbaris buat melahap santapan ini. Kelebihan Bebalung di depot ini yakni sebab dagingnya sangat lunak sampai tanpa gigitan yang kokoh dagingnya mudah terlepas dari tulangnya.

Warung Klebet betul- betul terkenal di kota Mataram. Klebet, dengan bahasa lokal( Sasak) mempunyai makna membahagiakan, diperuntukan buat berkata bila makan pada tempat ini hendak membahagiakan.

Restaurant Klebet menyuguhkan masakan karakteristik khas Lombok terhitung Bebalung, Pelecing serta kemilan tradisionil lokal. Bebalung mempunyai makna tulang yang berkata santapan terbuat dari tulang semacam iga serta punggung sapi.

Pelecing yakni sajian yang terbuat dari kangkung dengan sambal terasi karakteristik khas pulau Lombok. Restaurant ini betul- betul terkenal dengan masakannya yang nikmat pada harga yang murah

Depot Kelebet yang terletak di Jalan. HOS Cokroaminoto, Mataram. Persisnya terdapat di balik kantor gubernur NTB selaku rumah makan yang dimiliki oleh Bu Hj. Wasiah. 

Depot Kelebet menyuguhkan menu unggulan berupa Bebalung, ataupun universal disebutkan sop tulang

Mencicip Bebalung di Depot Kelebet Lombok, Legendaris Sejak 1976
Mencicip Bebalung di Depot Kelebet Lombok, Legendaris Sejak 1976

Bahan intinya yakni daging tulang iga sapi ataupun kerbau yang digabung dengan ramuan bumbu yang dibagi dalam cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, serta kunyit ditambahkan jahe biar rasa pedas cabainya memiliki keunikan tertentu. Disamping itu tambah sedikit garam serta asam biar masakan lebih tahan lama.

Ramuan bumbu semacam ini oleh masyaralat Sasak dikatakan selaku ragi iris. Langkah pembikinannya pula betul- betul sederhana. Tulang iga ataupun tulang ekor sapi ataupun kerbau dipotong cocok dengan selera.

Setelah dibikin bersih serta direbus hingga masak serta dagingnya empuk, baru digabung dengan ramuan bumbu yang telah dilumatkan serta ditumis. Bumbu serta bahan baku Bebalung yang telah masak ini direbus kembali sekitaran 30 menit biar bumbunya meresap ke daging.

Banyak yang menebak Bebalung yakni santapan semacam gulai ataupun soto daging. Sepintas memanglah wujudnya seragam dengan sebagian santapan itu, namun Bebalung malah bermakna alias arti yang berlainan sama yang banyak dipikir oleh orang biasanya.

Santapan karakteristik khas Lombok ini dengan bahasa Sasak mempunyai makna" tenaga". Sebab itu masyarakat lokal mendefinisikan setelah makan Bebalung, tenaga kamu akan besar, serta tumbuhkan vitalitas.

Bebalung sendiri dipercayai memiliki khasiat buat tubuh, salah satunya khasiatnya ialah meningkatkan energi sampai orang yang sudah makan bebalung ini dipercayai tidak mudah letih. Disamping itu, buat mereka yang berumah- tangga bisa makan Bebalung ini selaku menaikkan vitalitas.

Tidak boleh salah, warnanya Bebalung merupakan santapan wajib tiap kegiatan yang diselenggarakan masyarakat di tempat, sebab bisa jadi khasiat yang dipercayai di masakan Bebalung itu sebab itu santapan ini dijadikan santapan wajib. Tempatnya sederhana saja, tidak terdapat dekor.

Rumah makan ini menyediakan banyak meja serta bangku yang panjang. Penyuguhan Bebalung biasanya dengan mangkuk serta diberi bawang merah goreng berikut dengan nasi putih. Buat Kamu pencinta pedas, bisa dipertambah sambal.

Bebalung terenak disajikan di kala panas. Perut keroncongan plus hidangan yang menarik ini pasti membuat nafsu makan Kamu membumbung tinggi.

Dengan harga Rp 29. 000 saja, kita dapat nikmati kesedapan masakan di Depot Kelebet. Kelebihan Bebalung di depot tersebut adalah memiliki daging yang betul- betul lunak sampai tanpa gigitan yang kokoh, dagingnya mudah terlepas dari tulang. Bersiap- siaplah dengan barisan luar biasa panjang sebab depot ini cukup ramai ditambah dikala jam makan siang.

Rumah makan yang sajikan Bebalung terdapat pula di daerah Ampenan. Rumah makan itu adalah di Rumah Makan Ramayana. Tempat makan yang terdapat di Jalur Raden Saleh Sungkar terdapat pas di jalur spesial ke arah Tepi laut Senggigi dari kota Mataram.

Depot ini cukup lama berdiri sebab sudah terdapat sejak tahun 1976. Yang paling menarik dari hidangan Bebalung Rumah Makan Ramayana yakni rasanya yang renyah, empuk serta pedas. 

Ruang Riang Creative

Ruang Riang Creative, Media & Jasa Creative, Jasa Bikin Website, Jasa Bikin CD, Jasa Bikin Kaset, Jasa Sablon, Cosmics Creative.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama