Mengenal Teknologi Big Data dan Manfaatnya Saat Ini

Mengenal Teknologi Big Data dan Manfaatnya Saat Ini
Mengenal Teknologi Big Data dan Manfaatnya Saat Ini

Teknologi big data hari ini sangat penting dan merupakan teknologi khusus yang digunakan untuk menangani masalah big data di dunia. Teknologi big data menggunakan tehnik penyimpanan dan pemrosesan data terdistribusi untuk menangani persoalan volume data yang begitu besar.

Ruang Riang Creative - Teknologi big data adalah istilah umum yang mengacu pada teknologi dan tehnik untuk memproses dan menganalisa sekumpulan data yang memiliki jumlah sangat besar, baik data terstruktur, semi terstruktur dan data tidak terstruktur.

Banyak sekali tantangan yang akan dihadapi saat berhubungan dengan tekonologi big data, mulai dari bagaimana data itu diambil, disimpan, hingga soal keamanan data itu sendiri.

Masih banyak diantara kita yang bertanya apa yang dimaksud dengan teknologi big data? Apa kegunaan big data? Apa saja yang tergolong teknologi big data? Mengapa saat ini teknologi big data diperlukan dalam berbagai bidang?.

Mengenal Teknologi Big Data dan Manfaatnya Saat Ini

Pengertian Tekonologi Big Data?

Sebenarnya tidak ada definisi baku mengenai teknologi big data. Secara garis besar big data adalah sekumpulan data yang memiliki jumlah sangat besar atau data dengan struktur yang kompleks sehingga teknologi pemrosesan data secara tradisional tidak lagi dapat menanganinya dengan baik.

Saat ini istilah teknologi big data juga sering digunakan untuk menyebut bidang ilmu atau teknologi yang berkaitan dengan pengolahan dan pemanfaatan data tersebut. Selanjutnya, aspek yang paling penting dari teknologi big data sebenarnya bukan sekedar pada seberapa besar data yang bisa disimpan dan diolah, namun kegunaan atau nilai tambah apa yang dapat diperoleh dari data tersebut.

Uniknya, jika kita tidak dapat mengekstrak big data tersebut, maka data itu hanya akan menjadi sampah yang tidak berguna. Nilai tambah big data ini dapat digunakan untuk kepentingan berbagai hal, seperti contohnya meningkatkan kelancaran operasional, ketepatan penjualan, peningkatan kualitas layanan, prediksi atau proyeksi pasar, dan lain sebagainya.

Bagaimana karakteristik Big Data

Mengenal Teknologi Big Data dan Manfaatnya Saat Ini

Mengenal Teknologi Big Data dan Manfaatnya Saat Ini



Karakteristik big data sering disebut dengan singkatan 5V, yaitu volume, velocity, variety, veracity, dan value.

1. Volume ini mengacu pada ukuran data yang perlu diproses. Era saat ini satuan volume data di dunia telah melampaui zettabyte atau sekitar 1021 byte. Bahkan diperikarakn telah banyak perusahaan atau organisasi yang perlu mengolah data hingga ukuran petabytes setiap harinya. 

Jumlah volume data yang besar ini akan membutuhkan teknologi pemrosesan big data yang berbeda dari penyimpanan secara tradisional.

2. Velocity ialah kecepatan data yang dihasilkan. Data yang dihasilkan dengan kecepatan tinggi membutuhkan tehnik pemrosesan yang berbeda dari transaksi data biasa. 

Salah satu contoh data yang dihasilkan dengan kecepatan tinggi adalah pesan aplikasi Twitter dan data dari mesin ataupun sensor seperti fingerprint.

3. Variety merupakan teknologi big data berasal dari berbagai sumber, dan jenisnya termasuk salah satu dari tiga kategori berikut: data terstruktur, data semi terstruktur, dan data tidak terstruktur. 

Jenis data yang bervariasi ini membutuhkan kemampuan teknologi pemrosesan big data dan algoritma yang khusus. Contoh data dengan variasi tinggi ini adalah pemrosesan data sosial media yang terdiri dari data teks, gambar, suara, ataupun video.

4. Veracity adalah akurasi atau konsistensi data. Teknologi data dengan akurasi tinggi akan memberikan hasil analisis yang berkualitas. Namun sebaliknya, data dengan akurasi yang rendah mengandung banyak bias, noise dan abnormalitas. 

Big data ini jika tidak diolah dengan benar akan menghasilkan data keluaran output data yang kurang bermanfaat, bahkan dapat memberikan gambaran atau kesimpulan output data yang keliru. Veracity ini merupakan tantangan yang cukup berat dalam pengolahan teknologi big data.

5. Value sering didefinisikan sebagai potensi nilai sosial atau ekonomi yang mungkin dihasilkan oleh big data. Keempat jenis karakteristik di atas yaitu volume, velocity, variety dan veracity perlu diolah dan dianalisis untuk dapat memberikan value atau manfaat bagi bisnis maupun kehidupan. 

Karakteristik big data yang kelima ini berkaitan erat dengan kemampuan kita mengolah data untuk menghasilkan output yang berkualitas.

Apa yang termasuk teknologi big data?

Mengenal Teknologi Big Data dan Manfaatnya Saat Ini
Mengenal Teknologi Big Data dan Manfaatnya Saat Ini


Saat ini perkembangan teknologi big data tidak bisa lepas dari teknologi atau konsep open source. Istilah teknologi big data terus berkembang seiring juga dengan pesatnya perkembangan teknologi open source yang mendukungnya. 

Perusahaan-perusahaan besar mengkontribusikan teknologi big data yang mereka buat dan mereka gunakan ke komunitas open source. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu pendorong utama berkembangnya teknologi big data.

Saat ini teknologi big data yang populer digunakan adalah teknologi Hadoop. Hadoop awalnya dikembangkan oleh Google dan kemudian menjadi sebuah proyek Apache yang berdiri sendiri dan disebut Apache Hadoop.

Prinsip utama dari teknologi Apache Hadoop adalah penyimpanan dan pemrosesan terdistribusi pada komputer-komputer komoditas yang terhubung dalam jaringan atau sering disebut cluster.

Inti dari teknologi Apache Hadoop adalah Hadoop Distributed File System (HDFS) berfungsi untuk menangani penyimpanan data terdistribusi  dan Map Reduce untuk pemrosesan data terdistrubusi yang dilakukan pada komputer (node of cluster) dimana tempat data disimpan. 

Untuk menyelesaikan berbagai persoalan komputasi dunia, teknologi Hadoop didukung oleh berbagai teknologi yang secara menyeluruh dan sering disebut sebagai ekosistem Hadoop (Hadoop ecosystem).



Ruang Riang Creative

Ruang Riang Creative, Media & Jasa Creative, Jasa Bikin Website, Jasa Bikin CD, Jasa Bikin Kaset, Jasa Sablon, Cosmics Creative.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama